Tesis komunikasi persuasif. TEORI KOMUNIKASI PERSUASIF 2019-01-07

Tesis komunikasi persuasif Rating: 5,7/10 1818 reviews

TEORI KOMUNIKASI PERSUASIF

tesis komunikasi persuasif

Contohnya seperti kalimat di bawah ini. Persuasi dapat dikatakan berhasil apabila khalayak berpartisipasi secara aktif. Memilih Persuader yang mumpuni, Pemilihan Persuader sebagai orang dan atau sekelompok orang yang menyampaikan pesan dengan tujuan untuk mempengaruhi sikap, pendapat, dan perilaku orang lain baik secara verbal maupun nonverbal. Sehingga, sebelum melakukan komunikasi persuasif sebaiknya persuader mempelajari dan menelusuri aspek-aspek keragaman sasaran persuasif terlebih dahulu. Hal itu bisa berupa konteks historis, konteks fisik temporal, kejadian-kejadian kontemporer, impending events dan norma-norma sosiokultural. Berkaitan dengan respon seseorang terhadap pesan, Pavlov dalam prinsip classical atau respondent conditioning mengemukakan bahwa seseorang akan bersikap positif terhadap objek yang sering disajikan bersamaan dengan stimulus positif, begitupun sebaliknya, seseorang akan bersikap negative terhadap objek yang disajikan bersamaan dengan stimulus negatif.

Next

Makalah Komunikasi Persuasif (Ciri dan Fungsinya)

tesis komunikasi persuasif

Saluran adalah media atau sarana yang digunakan supaya pesan dapat disampaikan oleh sumber kepada si penerima. . Judul Tesis : Acara Stardut 2008 di Indosiar A. Landasan Konsep Persuasi dalam Komunikasi Interpersonal Ketika melakukan persuasi, perhatian kita dapat terpusat pada upaya mengubah atau memperkuat sikap atau kepercayaan sasaran persuasi, atau pada upaya mengajak mereka untuk bertindak dengan cara tertentu. Bagaimana komunikator bisa mempengaruhi komunikannya, sehingga bisa bertindak sesuai apa yang diharapkan oleh komunikator, bahkan bisa merubah sikap dan perilaku komunikan. Persuasi yaitu menggunakan informasi tentang situasi psikologis dan sosiologis serta kebudayaan dari komunikan, untuk mempengaruhinya, dan mencapai perwujudan dari apa yang diinginkan oleh message Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar komunikasi kita menjadi persuasif atau bisa mempengaruhi orang lain. Prinsip ini berbicara tentang menghadapi sasaran persuasi yang terinokulasi sasaran yang telah mengetahui posisi persuader dan telah menyiapkan senajata berupa argumen untuk menentangnya persuader.


Next

Tesis Komunikasi: Proses Produksi Acara Stardut 2008 di Indosiar

tesis komunikasi persuasif

Sebagai hasilnya, pemikiran-pemikiran Anda lebih mungkin untuk didengarkan. Banyak Production House yang berproduksi pada Sinetron Sinema Electronic saja, ataupun Reality Show saja, dan lain sebagainya. Komunikasi persuasive merupakan bentuk komunikasi yang mempengaruhi komunikannya sehingga bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh komunikannya bahkan dapat merubah sikap dari komunikannya. Rakhmat, J, Psikologi Komunikasi, Bandung: Remadja Karya, 1986. Baca juga: Gender dan Komunikasi persuasif ini sangatlah menguntungkan jika seorang komunikator memiliki teknik ini.

Next

Contoh Skripsi Communication: Komunikasi Persuasif Agen Asuransi Dalam Merekrut Calon Agen Asuransi(Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Persuasif Agen Asuransi dalam Merekrut Calon Agen Asuransi di PT Asuransi Life Allianz Indonesia)

tesis komunikasi persuasif

Dalam strategi merubah perilaku melalui point persuasi, informasi dapat diperoleh melalui media iklan, e-mail, melalui pembicaraan seperti seminar dan diskusi serta melalui selebaran seperti poster dan pamphlet. Latar Belakang Televisi-televisi nasional bersaing amat ketat untuk mendapat minat dari Audience dengan penayangan program yang bisa diterima oleh khalayak banyak, karena jangkauan yang mereka cakup hampir di seluruh Indonesia. Perilaku merupakan tindakan dari sikap kita terhadap sesuatu. Komunikasi persuasif juga dimanfaatkan untuk Public Relations, lobi, hubungan dengan pers, komunikasi internal dan eksternal perusahaan dan aspek-aspek lainnya Soemirat, 2004:1. Berhasil atau tidaknya suatu komunikasi tergantung dari elemen dasar tersebut. Komunikasi Eksternal adalah komunikasi antara pimpinan atau pejabat lain yang mewakilinya humas dengan khalayak atau publik di luar organisasi. You'll find a magic way inside.

Next

STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF

tesis komunikasi persuasif

Persuasi bisa dilakukan secara rasional dan secara emosional. Tidak diperkenankan untuk mengaku sebuah kepastian sudah dibuat padahal situasinya masih sementara, dan derajat kemungkinan situasi masih dapat berubah. Secara garis besar, komponen kredibilitas terdiri atas keahlian dan dapat dipercaya. Proses kognitif berjalan saat proses persuasif terjadi, sampai akhirnya individu memutuskan setuju atau tidak setuju terhadap objek sikap. Mempengaruhi seseorang adalah melakukan suatu peran dalam pengertian secara kasar, yang mempengaruhi kepercayaan atau minat mengunakan semacam bentuk komunikasi, biasanya bahasa. Yang dimaksud dengan kredibel disini adalah komunikator yang mempunyai pengetahuan, terutama tentang apa yang disampaikannya. Sehingga menurut definisi tersebut, terdapat dua kepercayaan yaitu kepercayaan kepada objek dan kepercayaan tentang objek.

Next

Komunikasi Persuasif

tesis komunikasi persuasif

Keragaman tersebut dapat dilihat dari karakteristik demografis, jenis kelamin, level pekerjaan, suku bangsa, hingga gaya hidup. Komunikasi persuasif ini merupakan jenis komunikasi yang memiliki tujuan untuk memberikan perngaruh kepada komunikan dari komunikator terhadap kepercayaan, sikap, hingga perilaku komunikan. Selain itu, hambatan tersebut dapat diselesaikan oleh dogmatisme, stereotipe, dan pengaruh lingkaran. Pada waktu itu di anggap sebagai penemuan yang mempunyai arti penting bagi komunikasi jarak jauh dengan menggunakan isyarat-isyarat. Dalam perusahaan karyawan merupakan salah satu sumber daya yang sangat penting. Baca juga: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Komunikasi Persuasif Segala sesuatu pasti ada sebab-musababnya.

Next

KULIAH ILMU KOMUNIKASI: MAKALAH ANALISIS TEORI

tesis komunikasi persuasif

Sehingga menurut definisi tersebut, terdapat dua kepercayaan yaitu kepercayaan kepada objek dan kepercayaan tentang objek. Kepercayaan timbul akibat dari percampuran observasi pengalaman, bukti dari pihak kedua, juga motivasi yang kompleks. Kalau dalam komunikasi vertical lebih bersifat formal, maka dalam komunikasi horizontal seringkali berlangsung dalam suasana tidak formal. Saat komunikasi persuasif dilakukan maka komunikator tidak diperkenankan untuk: Menggunakan data palsu, data yang sengaja dirancang untuk menonjolkan kesan tertentu, data yang dengan sengaja diejawantahkan secara salah, dibelokkan, atau bukti yang benar tapi tidak ada hubungannya untuk mendukung suatu pernyataan atau mengesahkan sesuatu. Agar dapat mengubah sikap dan perilaku, seorang persuader harus mempertimbangkan factor-faktor berikut: Sasaran persuasif memiliki keragaman yang cukup kompleks.


Next

IMAGIC!

tesis komunikasi persuasif

Dan semua proses komunikasi yang ada di harapkan dapat mendukung peningkatan semangat kerja karyawan di perusahaan. Komunikasi Internal adalah komunikasi antara pimpinan organisasi dengan para pegawai secara timbal balik. Sebagai sebuah ilmu , Komunikasi pada prinsipnya adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang komunikator kepada orang lain komunikan. Namun, Didi tidak akan membeli motor tersebut konatif , karena ia belum punya uang. Konsistensi afektif adalah sikap yang mengacu kepada perasaan, emosional, watak atau nilai seseorang yang dapat berubah-ubah.


Next